Ads 720 x 90

Cara Mudah Merintis Bisnis Rumahan

Bisnis - Hampir mayoritas orang didunia ini bermimpi menjadi seorang pebisnis sukses dan kaya raya. Termasuk mencari bermacam ide untuk mewujudkan impian tersebut, salah satunya cara mudah merintis bisnis rumahan. Realitanya hanya sebagian kecil dari mereka yang benar-benar berjuang menggapai mimpi tersebut. Cara mudah merintis bisnis rumahan yang akan diurai pada kesempatan kali ini membutuhkan strategi untuk menjalankannya agar tercapai dan berjalan sesuai keinginan.

Kenapa bisa demikaian? Alasannya sangat sederhana, merintis usaha dan mengelola tidak semudah yang kita bayangkan. Selain harus memiliki mental yang sekuat, ada hal sangat penting yang harus dipersiapkan secara matang.

Bisnis rumahan rata-rata diminati oleh kalangan wanita, terutama wanita yang sudah berkeluarga. Baca juga pekerjaan ringan untuk ibu muda, padahal peluang bisnis rumahan ini bisa dijalankan siapa saja asal tahu cara dan strateginya.

Apakah kalian termasuk orang yang ingin memulai bisnis rumahan dengan cara mudah? bingung harus memulainya dari mana? tidak ada pengalaman membuka usaha rumahan?.

Cara yang paling mudah minta bantuan keluarga

Mince Bakery dari aneka jarcake, kue keju sebagai bisnis rumahan | tribunews


Ketika kita memutuskan untuk benar-benar memulai bisnis rumahan, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu meminta dukungan dari keluarga baik itu suami, orang tua atau keluarga dekat.

Seberapa penting dukungan keluarga dalam merintis sebuah bisnis?


Dukungan dan restu dari pihak keluarga dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis bisa dikatagorikan wajib lagi. Dukungan moral dan masukan dalam merisntis usaha rumahan lebih banyak pekerjaanya berkaitan dengan masalah keluaraga. Untuk menyakinkan mereka yaitu dengan memberi penjelasan. Maksud memberi penjelasan adalah dengan meyakinkan apa yang direncanakan secara detil dan secara logika dapat diterima oleh keluarga kita.

Mengapa demikian? Karena penjelasan sangat penting untuk lebih meyakinkan mereka seperti contoh bisnis online yang sudah mulai marak pada era milenial ini. Merintis bisnis seperti usaha online bagi keluraga kita yang kurang mengerti tentang dunia internet tentu akan berfikir bagaimana mungkin hanya duduk di depan komputer bisa dengan mudah menghasilkan uang. Terus langkahnya seperti apa? Tentu kalian lebih paham bagaimana cara menjelaskan ide bisnis yang akan dijalankan tersebut.

Memilih Jenis bisnis rumahan yang disukai



Mengerjakan sesuatu yang disukai tentu akan membuat bahagia. Selain menyehatkan kesehatan mental dan jiwa, menjadikan hobi sebagai peluang bisnis akan menghilangkan kejenuhan dan tidak akan pernah merasa lelah menjalani bisnis tersebut meskipun banyak pekerjaan lain dirumah. Oleh sebab itu memilih jenis bisnis rumahan yang sesuai dengan hobi perlu diutaman. Meski demikian juga perlu melihat peluang pasar agar usaha lancar.

Pekerjaan yang nyaman adalah hobi yang dibayar


Jika hobi berpeluang menjadi pundi-pundi keuangan makan jangan tunda lagi peluang bisnis yang cocok tersebut. Misal mahir dalam memasak dan membuat makan dan minuman. Ya buatlah usaha rumah makan seperti masakan padang, coffee shop atau Jika mahir dalam mendesain atau ahli dalam desain, Anda dapat menjual produk-produk home furnishing seperti kutipan dinding, bingkai 3D dan sejenisnya.

Seberapa banyak modal dalam merintis usaha?



Untuk memulai sebuah usaha rumahan tidak cukup produk dan pelayanan saja, melainkan butuh modal untuj menjalankan bisnis meskipun sekelas bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) semacam ini.

Pastikan untuk menghitung dengan benar total modal yang diperlukan. Sebab jika salah dalam penghitungan tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerugian. Perhitungan modal ini termasuk diantaranya bahan baku, peralatan, pengemasan produk, biaya produksi dan sebagainya. Hitung secara detail, sehingga nanti dengan mudah melihat seberapa besar modal harus disediakan.

Sulit mendapatkan modal? Cobalah 9 (sembilang) cara mendapatkan modal usaha dibawaha ini:

  1. Tabungan pribadi
  2. Menjual aset
  3. Mengadaikan aset
  4. Pinjam modal usaha pada bank
  5. Pinjam modal usaha pada keluarga atau teman
  6. Crowdfunding (penggalangan dana)
  7. Mencari partner bisnis
  8. Mengambil modal dari konsumen
  9. Ikut program pendukung UKM.

Hindari hutang untuk modal ekstra


Jika menginginkan bisnis rumahan yang terus berkembang dan lebih banyak pelanggan, mulailah berpikir bagaimana untuk mengembangkan bisnis tersebut dengan modal yang pas-pasan terlebih dahulu.

Pikirkanlah resiko! Pengusaha yang bisnisnya sudah maju pesat awalnya berasal dari modal kecil. Tetapi karena mereka berani dan tekun mengembangkan bisnis yang dijalani akhirnya usaha mereka dapat tumbuh besar. 

Menguasai pemasaran online



Pemasaran online pada usaha rumahan sangatlah bermanfaat dan bahkan bisa lebih cepat berkembang. Promosi dengan menggunkan internet untuk menyebarkan pesan tentang merek, produk, atau layanan bisnis kepada calon pelanggannya lebih efesien dibandingkan secara offline.

Kenali jenis pemasaran online yang tepat untuk usaha rumahan

  • Website/blog pribadi
  • Adwords
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Youtuber
  • Marketplace
  • Forum
  • Email.

Kesimpulan cara mudah memulai bisnis rumahan

Dari beberapa penjelasan yang telah kami jabarkan tentang 'Cara mudah merintis bisnis rumahan' mungkin sudah dipahami dan langsung bisa di praktekkan.

Artikel dibawah ini mungkin kurang bermanfaat mohon maaf

Pilih produk tertentu


Memilih produk yang dipasarkan secara luas dapat menyebabkan persaingan yang sangat ketat dengan para pelaku bisnis yang pertama kali memasuki bidang yang sama. Produk yang tidak banyak dipasarkan mungkin memiliki target pasar yang lebih terbatas, tetapi dapat meminimalkan persaingan dengan perusahaan lain.

Mulailah dengan apa yang sudah Anda ketahui


Luangkan waktu untuk memikirkan hal-hal yang Anda sukai, ketahui dan ketahui dengan baik. Misalnya, Anda mengenakan jilbab dan telah sering membeli berbagai jilbab sehingga Anda bisa mengetahui bahan jilbab yang paling nyaman. Contoh lain, misalnya, dari pengalaman Anda bekerja di bengkel, Anda menjadi lebih sadar akan jenis-jenis bagian. Lebih bagus lagi jika Anda mengenal produsennya dengan baik. Pengetahuan dan pengalaman Anda adalah poin tambahan yang dapat digunakan untuk menjelajahi kategori suatu produk. Anda juga dapat menemukan banyak inspirasi dari tagar di media sosial, seperti Instagram atau Pinterest.

Kontrol ganda regulasi produk


Setelah menentukan produk yang akan dijual, periksa peraturan dan batasan yang berlaku untuk produk tersebut. Ini sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Periksa keabsahan dan persyaratan produk impor, produksi lokal, atau produk buatan sendiri. Cari tahu apakah produk tersebut mengandung bahan-bahan yang dilarang oleh negara atau tidak, terutama untuk kosmetik dan makanan. Ini untuk menghindari keharusan mengeluarkan banyak biaya dan waktu jika ternyata produk dan bisnis Anda ilegal.

Mengevaluasi kelayakan pasar


Jika telah memutuskan apa yang ingin Anda jual dan produk tidak melanggar aturan apa pun, sekarang saatnya mengevaluasi potensi dan minat pasar. Cara mudah adalah dengan melakukan riset dari situs media sosial seperti Twitter atau melihat ulasan produk dari berbagai blog atau forum. Tulis kata kunci produk Anda dan temukan banyak informasi mendalam dalam diskusi tentang produk ini. Dari sana Anda dapat melihat potensi produk dari sejumlah besar diskusi. Anda juga dapat menemukan banyak pendapat tentang produk serta kata kunci yang digunakan. Ini berguna untuk membuat deskripsi produk yang relevan dan kampanye yang akurat.


Dapatkan produk langsung dari pabrikan (Produsen)


Tentu saja, ini sangat penting karena produk yang diperoleh langsung dari pabrikan harus memiliki harga yang lebih terjangkau. Ini dapat membuat pebisnis lebih bebas untuk menetapkan harga yang sesuai untuk memenangkan persaingan pasar. Dalam konteks ini, ukuran jaringan luas adalah salah satu penentu untuk menemukan produsen produk.

Jika saya menyederhanakan, produsen utama adalah lapisan pertama, maka dealer yang mengaku sebagai produsen adalah lapisan kedua. Bahkan, tidak jarang bagi kita untuk menghadapi dealer tingkat kedua, ketiga dan keempat. Alamak, semakin mahal harganya. Logikanya adalah ini, jika kita dapat menemukan produsen besar, kita dapat menghemat banyak biaya dengan dapat memotong lapisan atau rantai keempat, ketiga dan kedua. Benar?

Masalahnya adalah, untuk pemula, pemain biasanya menghadapi lapisan terluar. Sangat sulit ditembus dan mendapatkan informasi lapisan pertama. Saya juga. Saat masih melakukan bisnis ini dengan istri saya, saya benar-benar membutuhkan akses langsung ke lapisan pertama. Tentu saja, jadi saya mendapat margin keuntungan yang lebih besar. Nah, inilah pengalaman saya yang bisa Anda tiru.

Kenali pabriknya melalui komunitas


Diyakini bahwa masyarakat adalah media yang paling efektif untuk bertukar pikiran dan berbagi informasi. Misalnya, Bisnis. Manfaatkan komunitas ini sebaik-baiknya. Jika Anda tidak memiliki komunitas, Anda dapat bertanya kepada keluarga yang berafiliasi dengan komunitas wirausaha. Jika Anda masih belum menemukan komunitas yang tepat, Anda dapat menggunakan media sosial, seperti Facebook. Ada beberapa kelompok bisnis di kota-kota besar.

Bergabunglah dengan grup dan Anda dapat mengundang lebih banyak orang untuk menjadi teman Anda. Saya punya cerita menarik tentang komunitas online di media sosial, Facebook. Teman saya di Banyuwangi berhasil menjual produk pertaniannya secara online. Mungkin Anda akan terkejut jika Anda tahu bahwa apa yang dijual teman saya adalah bawang merah. Dan ini sebenarnya benar. Dia menggunakan komunitas pengusaha di Facebook untuk mencari pembeli. Dia sering mengirim berita terbaru ke luar kota ke provinsi.


Ubah pola pikir Anda


Pola pikir sederhana yang digunakan oleh seorang pebisnis adalah "bukan berapa banyak keuntungan yang dihasilkan dari setiap produk yang dijual, tetapi berapa banyak produk yang dapat dijual". Produk dengan laba minimal juga dapat menghasilkan banyak keuntungan jika dijual dalam jumlah besar.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan


Tidak peduli sekecil apa pun transaksi, Anda harus selalu memberikan layanan maksimal kepada semua pelanggan. Jangan pernah abaikan keluhan pelanggan. Ini bisa menjadi bahan pembelajaran yang berharga untuk meningkatkan bisnis.

Prioritas kejujuran


Selalu berikan informasi yang jujur ​​kepada pelanggan tentang pro dan kontra dari produk yang dijual. Kejujuran akan lebih dihargai oleh pelanggan dan secara tidak langsung dapat menjadi referensi bagi mereka untuk memilih produk terbaik. Bersikaplah obyektif dan berpantang untuk merusak produk dari pebisnis lain karena ini dapat menyebabkan pelanggan marah bahkan tidak membeli.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter