Ads 720 x 90

Bisnis SPA Rumahan Menjanjikan

Bisnis SPA Rumahan
Bisnis - Sebelum membahas bisnis SPA rumahan perlu diketahui apa itu SPA? SPA atau Solus Per Aqua adalah perawatan kecantikan mulai kepala, kaki hingga ke seluruh tubuh dengan bahan-bahan pilihan.

Bisnis SPA rumahan salah satu usaha yang menjanjikan dimasa kini, dimana kesibukan dan padatnya aktifitas mendorong seseorang meluangkan waktunya untuk merawat tubuhnya agar tetap sehat dan segar bugar.

Target Pasar Bisnis SPA Rumahan


Menetukan target pasar bisnis SPA rumahan terlebih dahulu sangat penting sebelum membukan salon SPA. Dengan mengetahui target yang dapat dijangkau dapat membantu menyusun strategi pemasaran yang efektif, seperti untuk kalangan ibu hamil (Bumil) dan bayi, pria dewasa dan umum.

Modal Bisnis SPA Rumahan


Modal bisnis merupakan pondasi penting dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis dan fleksibilitas keuangan termasuk 'kunci utama' untuk kesuksesan usaha spa rumahan seperti modal untuk penyedian tempat, interior salon, training karyawan dan membeli perlengkapan dan suplai yang dibutuhkan (bahan baku).

Perencanaan Bisnis SPA Rumahan


Seberapa penting perencanaan bisnis SPA Rumahan?


Rencana bisnis atau business plan pada bisnis SPA rumahan  perlu dilakukan pada tahapan awal. Alih-alih mendapatkan untung besar dan terus berkembang, perencanaan yang asal-asalan justru berdampak buruk pada dunia usaha.

Proses eksekusi ide bisnis spa rumahan


Ekssekusi ide yang ada di kepala sangat penting agar perencanaan sesuai harapan, bahkan jika tidak direalisasikan bisa menjadi berantakan jika tanpa perencanaan yang matang.

Tenaga Profesional Bisnis SPA Rumahan


Calon karyawan yang akan direkrut perlu diuji terlebih dahalu, sebab tekadang seseorang menjadi karyawan tidak memiliki sikap profesional. Bahkan ada tipe karyawan yang hanya ingin mengamankan posisinya saja, sehingga kurang antusias dalam menunjukkan performa dalam bekerja. Dampaknya pelanggan kurang puas terhadap layanan SPA yang diberikan.

Tambah Layanan yang Berkaitan


Usaha spa tidak hanya tentang pijat tetapi juga bisa melayani scrub dan layanan terkait lainnya seperti menambahkan layanan pedikur dan manikur. Bahkan, tidak ada salahnya dipadukan dengan salon kecantikan.
Dengan begitu pendapatan berpotensi lebih besar

Menjual produk kecantikan


Sudah bukan rahasia lagi, wanita menyukai alat rias/kecantikan semisal makeup. Berbagai produk kosmetik untuk riasan wajah atau perawatan kulit digunakan oleh kaum hawa untuk memiliki kulit yang sempurna.

Macam-macam produk kecantikan


  • BB Cream
  • Concealer
  • Makeup Brush
  • Loose Powder
  • Eyeliner Pen
  • Face Mist
  • Produk Lip Care
  • Body Lotion

Tampil cantik sudah dambaan semua wanita, dan itu membutuhkan waktu. Dengan demikian menjual produk kecantikan di tempat bisnis SPA sangat cocok banget.

Memberikan penawaran khusus

Ilustrasi 

Penawaran Khusus usaha SPA adalah penawaran atau promosi yang dapat diberikan kepada pelanggan untuk menarik perhatian dan langganan seperti langganan setiap bulan dengan mendapat harga khusus.

Kartu member SPA


Merawat tubuh adalah hal favorit bagi wanita, dan realita yang ada banyak kaum hawa rela mengeluarkan banyak uang agar memiliki tubuh yang ideal barang.

Untuk memeberikan kemudahan dan kenyamanan tidak ada salahnya menggunkan kartu member SPA. Kartu keanggotaan SPA adalah kartu yang biasanya digunakan untuk tujuan memberikan pelayanan yang lebih baik. Kartu keanggotaan berisi informasi pribadi pemilik mulai dari alamat, nomor ponsel dan sejenisnya.

Dapatkan lebih banyak diskon


Tidak jauh berbeda dengan kartu debit atau kartu kredit, hanya jika kita memiliki kartu keanggotaan, kita mendapat diskon tambahan. Jadi jika kita memiliki kartu kredit dan kartu keanggotaan, kita selalu mendapat diskon lebih banyak. Asyik kan?

Point


Member dapat mengumpulkan poin yang  terima setiap kali melakukan pembelian atau melakukann transaksi dengan kartu keanggotaan. Poin-poin ini tidak hanya dikumpulkan, tetapi ketika memenuhi persyaratan, produk dan layanan SPA yang telah terkumpulkan dapat ditukar dengan barang atau pelayanan yang sudah ada.

Peluang bisnis SPA


Kepadatan kegiatan masyarakat di kota-kota besar jelas merupakan peluang kita sendiri bagi perusahaan yang berurusan dengan layanan spa. Bisnis spa memiliki target pasar sendiri dan mulai berkembang pesat sejak satu dekade lalu. Jika orang-orang di masa lalu lebih cenderung menggunakan jasa tukang pijat tradisional yang disebut rumah, mungkin pada saat itu tren telah bergeser seiring perkembangan zaman.

Saat ini, orang lebih suka pergi ke spa yang nyaman dan menawarkan berbagai layanan spa yang lengkap dan sesuai dengan keinginan masing-masing individu. Bagi pria yang menyukai pijat berat, pijat Shiatsu bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk orang yang lebih suka suasana santai dengan aroma aromaterapi yang menenangkan, pijat tradisional Bali adalah jawabannya.

Apa pun jenis spa yang ditawarkan, tentu saja harus konsisten dengan kebutuhan dan selera pasar sasaran sehingga bisnis spa dapat bekerja dengan lancar dan efisien.

Modal bisnis spa


Memulai bisnis spa membutuhkan modal besar. Modal yang diperlukan termasuk modal waralaba (jika Anda memilih jalur kemitraan), modal untuk dekorasi dan dekorasi situs spa, pembelian bahan baku, staf pelatihan modal, dan modal penjualan. Pemanfaatan pinjaman modal kerja dari bank dapat menjadi salah satu alternatif peningkatan modal.

Namun, pinjaman modal bank harus disertai dengan bakat dalam perkiraan untuk arus kas perusahaan spa nanti. Jangan mendapatkan masalah dan biaya rantai dengan membayar jumlah kredit setiap bulan.

Perencanaan yang matang


Perencanaan matang adalah dasar paling penting untuk menjalankan bisnis spa. Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti penempatan yang tepat dan strategis, dekorasi dan dekorasi situs spa, jenis layanan, manajemen yang efisien dan efektif, dan dukungan pelatihan yang tepat untuk karyawan yang akan terlibat langsung dalam kegiatan spa.

Memilih staf yang tepat sebenarnya merupakan faktor penting karena staf adalah tautan yang terkait langsung dengan pelanggan. Layanan yang memuaskan akan membuat pelanggan nyaman dan ingin kembali ke spa yang sama di apartemen lain.

Pilih bahan baku yang aman


Persaingan antara perusahaan spa tidak hanya tercakup oleh layanan yang memuaskan. Pemilihan bahan baku seperti masker, lulur dan aromaterapi juga merupakan faktor penting untuk dipertahankan dalam kualitas. Ini bisa menjadi sedikit lebih mudah jika bisnis spa adalah terobosan dengan sistem waralaba. Karena bahan baku dalam sistem waralaba akan didukung dan dipantau langsung oleh pemegang waralaba.

Sementara itu, jika perusahaan spa yang diinisiasi adalah pribadi, kontrol kualitas bahan baku harus selalu dipantau. Ada juga beberapa tempat spa yang membuat bahan bakunya sendiri dalam jumlah terbatas. Ini telah dilakukan untuk selalu menggunakan bahan-bahan segar dan alami.

Penentuan target pasar properti


Karakteristik pasar sasaran sangat penting dan mendukung kelancaran bisnis spa. Karena jika pemilik bisnis sudah tahu apa yang harus dicapai oleh target pasar, akan lebih mudah untuk fokus pada layanan dan promosi yang tepat untuk mencapai tujuan itu.

Seperti sejumlah perusahaan yang fokus pada layanan spa untuk hamil dan bayi. Konsep, yang tidak banyak ditawarkan oleh situs spa lain, membuat perusahaan optimal untuk target pasar. Ada juga rumah sehat Muslim yang telah berhasil membawa pelanggan dengan menawarkan berbagai layanan spa untuk wanita Muslim.

Terlepas dari konsep mana yang dipilih, prinsip pelanggan adalah raja, yang tentunya harus dipertahankan. Pelanggan yang datang ke SPA pasti akan memiliki suasana santai yang didukung oleh sejumlah perawatan yang memuaskan.

Jangan lupa memberikan penawaran diskon dan layanan maksimal untuk mempertahankan pelanggan setia dan menarik pelanggan baru.

Kisah sukses bisnis SPA rumahan


Berhenti menjadi karyawan dan memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan tidaklah mudah. Itu juga terjadi pada Widiyawati yang kini berusia 37 tahun. Dia membuat keputusan gila pada tahun 2006 ketika dia memutuskan untuk mundur dari perusahaan tambang emas terbesar di dunia, PT Freeport Indonesia. Meskipun ia harus bekerja di Papua, ia sudah memiliki daftar gaji puluhan juta Bulan. Namun baginya, karyawan tetaplah karyawan. Dia akan terus menjadi kepala suku. Kalau hanya di Freeport, sulit mewujudkan impian ini. Dengan sisa tabungan R70 juta, ia mendirikan salon spa di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan. Tapi saingan yang terlalu tangguh butuh waktu kurang dari tiga tahun untuk menyelesaikan bisnis spa rumahan. Dia belum sempat merasakan keuntungan besar.

"Perasaan penyesalan tentang meninggalkan pekerjaan yang mapan tetap ada, tetapi saya harus bangun dari keterpurukan ini," kata Widi dalam sebuah percakapan dengan VIVAnews.

Widi, yang tinggal di Jurangmangu, Tangier Selatan, juga memilih pada 2009 untuk kembali ke Papua. Tidak ada lagi di Freeport, tetapi membuka bisnis di sana. Dengan modal tekad dan antusiasme ia membangun bisnis serupa yang bangkrut. "Semuanya dimulai dari nol, hanya sisa penjualan bisnis di Jakarta yang mencapai Rp30 juta. Itu saja yang sudah kami habiskan untuk mendanai kehidupan keluarga kami."

Di Papua, ia membangun bisnisnya dengan perbaikan manajemen. Jika ia menyewa sebuah toko di Jakarta, di Papua ia memilih kerja sama dengan hotel-hotel. Anak lajang ini menawarkan saran dari hotel ke hotel. "Itu semua modal, niat, keberanian, dan kemampuan," katanya.

Membangun bisnis di kota Jayapura tidak mudah. Iklim tropis yang sering turun hujan dan sarana transportasi yang tidak memadai adalah hambatan utama. Tapi itu tidak membuat Widiyawati menyerah. Dia masih berjuang untuk mengembangkan bisnisnya, Herbal Aromatic SPA. Berkat usahanya dan kegigihannya, ia dapat memasuki hotel bintang lima, salah satunya adalah Hotel Horizon. Ia juga memiliki 15 karyawan, 10 pria dan lima wanita. "Saya sudah bisa mengantongi Rp71 juta sebulan," katanya.

Dari sisi prospek bisnis, Widi menilai, bisnis spa herbal di Kota Jayapura masih menarik. Kota ini mulai membangun banyak hotel berbintang seperti Swiss Bell Hotel, Sahid Hotel dan Yasmin Hotel. Tidak hanya itu, kantor dan mal juga sudah mulai berkembang. "Di Horizon, kita memiliki tempat di lantai pertama, jadi ketika tamu masuk, kita bisa melihat tanaman obat kita segera," katanya. Sekarang dia memiliki kontrak dengan Swiss Bell Hotel. Rencananya adalah memulai operasi tahun depan. Jadi, tentu saja, menambah lebih banyak karyawan telah meningkatkan pendapatan dan laba.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter