Ads 720 x 90

Peluang Usaha Jahe Merah

Bisnis - Budidaya jahe merah adalah salah satu jenis usaha di agrobisnis yang cukup menguntungkan dan usaha jahe merah sangat menjanjikan. Banyaknya permintaan jahe merah di dalam negeri dan luar negeri menjadi sebab usaha jahe merah diminati banyak orang. Tidak semua usaha membutuhkan modal besar, bahkan hanya dengan modal kecil bisa mendapat untung besar salah satu contohnya usaha jahe merah. Manfaat dan kahsiat jahe merah yang cukup tinggi untuk kesehatan adalah salah satu alasan besarnya permintaan jahe merah. Rimpang temulawak merah biasa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan obat dan bahan makanan. Jadi bisa dikatakan bahwa potensi peluang usaha jahe merah sangat cerah di masa depan.

Berikut beberapa analisis teknis usaha jahe merah


Ada banyak alasan mengapa budidaya atau usaha jahe merah masih menjadi alternatif bisnis yang menguntungkan. Ada beberapa faktor menguntungkan jika tertarik membuka usaha penanaman jahe merah ini.

Peluang jahe merah memiliki peluang besar


Permintaan besar akan jahe merah, baik dalam ataupun luar negeri. Kacang merah masih merupakan campuran rempah-rempah dan tanaman herbal, sehingga masih banyak peminatnya, termasuk di industri herbal yang membutuhkan jahe merah sebagai bahan pelengkap.

Kelebihan jahe merah


  • Tanaman jahe merah adalah jenis tanaman yang mudah tumbuh
  • Dapat tumbuh di tanah pada ketinggian 0-2000 m
  • Tanaman jahe merah modern bisa ditanam dalam polybag dan pot.
  • Tidak perlu jenis tanah khusus untuk ditanam asalkan tanahnya subur dan kaya nutrisi untuk pertumbuhan
  • Jahe merah bisa ditanam di pekarangan rumah dengan tidak membutuhkan tempat yang luas.


Permintaan jahe merah sangat tinggi


Nilai ekonomi pasar masih menguntungkan, terutama jika tanaman jahe diolah menjadi produk turunan, misalnya jus jahe atau bubuk jahe memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada mentah. Tetapi meskipun dijual mentah, jahe merah masih ada di pasaran karena tidak banyak budidaya. saat ini hanya sebatas Sukabumi, Taksimalaya dan sekitarnya.

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini cukup murah karena Anda hanya perlu memasok polybag atau tas dan bahan perawatan yang tidak terlalu mahal

Cara Budidaya Jahe Merah 


Ketika Anda tahu apa manfaat kultur jahe merah, tentu tahu cara budidaya jahe merah. Untuk mulai menanam jahe merah, perhatikan persyaratan budidaya jahe merah agar tidak mengalami kerugian karena gagal panen.

Perhatikan 3 hal penting tentang jahe dibawah ini


  1. Jahe merah tumbuh di iklim dengan curah hujan 2.500 hingga 4.000 mm per hari.
  2. Jahe merah muda berusia 2 - 7 bulan membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga harus dibuka pada suhu sedang antara 20 dan 35 derajat Celcius.
  3. Perbanyakan asam tanah dalam pertumbuhan jahe merah cukup tinggi, dari 4,3 menjadi 7,4 dan tumbuh pada jenis tanah longgar yang mengandung humus.

Persiapan Media Tanam Jahe Merah


Seperti disebutkan di atas, label pabrik menggunakan pot atau polybag dan  karung besar akan membuat panen jahe merah lebih besar, tetapi disarankan menggunakan kantung dengan ukuran 40 × 50 cm. Sudah umum jika media tanam salah satu faktor yang sangat penting dalam membudidayakan jahe merah ini. Media tanam yang akan djelaskan yaitu dengan menggunakan polybag atau karung besar ( bekas). Jika memilih karung sebaiknya gunakan karung yang berukuran cukup besar.

Langkah-langkah yang harus dilakukan


  • Siapkan tanah
  • Pupuk organik dan
  • Pasir dengan perbandingan 2: 1: 1 atau 3: 2: 1
  • Media Tanam Jahe Merah
Semakin besar karung yang dipakai sebagai media tanam, maka hasionya semakin besar pula.

Proses Pembibitan jahe merah


Usaha budidaya jahe merah tidaklah begitu sulit, namum bagi Anda yang pemula disarankan langsung membeli bibit jahe merah yang sudah siap tanam dengan memiliki ciri-ciri telah bertunas antara 5 – 10 cm. Proses pembibitan jahe merah ini terdiri dari beberapa langkah, termasuk:

Persiapan


Biji jahe merah harus berasal dari jahe tua dan tidak ada tanda kerusakan pada jahe.
Langlah pertama adalah ketika benih jahe merah berumur sekitar 4 minggu dan memiliki tinggi sekitar 10 cm, biji diambil atau dipotong dari batang bawah untuk ditanam dalam media karung atau polybag. Saat memindahkan benih dalam polybag atau karung, berhati-hatilah. Karena bisa merusak tanaman jahe merah muda.

Buat lubang lalu masukkan biji jahe merah ke dalam lubang tersebut dan tutupi dengan media berupa pasir, tanah, dan pupuk organik. Kemudian, lakukan penyiraman secara teratur dan hindari jahe merah muda dari sinar matahari selama sekitar 2-3 bulan.

Hindari


Jangan menyimpan benih terlalu lama karena akan mempengaruhi kualitas biji jahe merah. Potong rimpang yang akan digunakan sebagai benih dengan pemotong yang bersih dan steril.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter