Ads 720 x 90

Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Rumah Kost

Bisnis - Setelah menulis Peluang bisnis untuk ibu rumah tangga dan Bisnis SPA rumahan, kali akan menyajikan Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Rumah Kost. Okela lanjut ya. Bisnis properti seperti bisnis rumah kost merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan karena kebutuhan rumah kost di era melinial sudah cukup tinggi. Memiliki usaha rumah kost di tempat strategis seperti dekat dengan area kampus, perkantoran dan pusat perbelanjaan, peluang meraup keuntungan yang besar sangat memungkinkan. Selain menjanjikan, keuntungan yang besar, perawatannya pun bisa dibilang ringan.

Ilustrasi | Kompasiana
Sebelum memulai bisnis properti pada bidang ini perlu diketahui apa saja keuntungan dan kerugian bisnis rumah kost. Berikut keuntungan dan kerugian dalam bisnis rumah kost yang harus diperhatikan.

Keuntungan Bisnis Rumah Kost


Namanya usaha, sudah pasti memiliki keuntungan yang akan diperoleh, termasuk membuka usaha sewa kos-kosan.

  • Memilik peminat yang tinggi

Mahasiswa, perantauan salah satu peminat rumah kost, mereka yang tinggal jauh dari kampung halaman lebih memilih sewa kamar daripada rumah kontrakan. Secara hitung-hitungan, biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil.

  • Cepat balik modal

Salah satu yang diinginkan bagi banyak pengusaha adalah mempunyai sebuah bisnis yang cepat balik modal dengan untung yang besar. Jenis usaha rumah kost termasuk dalam katagori ini.

  • Pemasukan Rutin Tiap Bulan

Namanya kos-kosan sudah pasti bayarannya setiap bulan. Untuk usaha kost kecil-kecilan idealnya jadi usaha sampingan yang dapat memberikan penghasilan tambahan (passive income). Katakanlah memiliki kamar yang disewakan sejumlah 8 pintu dengan biaya Rp500.000/bulan. Dalam sebulan, setidaknya mendapatkan income sebesar Rp4.000.000.

  • Mudah dalam Perawatan

Perawatan rumah kost seperti rumah pada umumnya. Namun dengan bertambahnya penghuni tanggung jawab menjaga kebersihan khususnya bisa dibagi dengan penyewa. Dengan begitu, tugas pemilik lebih ringan.

  • Tidak akan pernah rugi

Properti (tanah dan bangunan) diantara jenis investasi yang nilainya dipastikan akan terus meroket setiap tahunnya. So, bisnis sewa kost tidak perlu diragukan lagi keuntungannya. Bisnis satu ini bisa diwariskan untuk anak cucu.

  • Membuka peluang usaha lain

Nilai plus dari usaha rumah kost adalah bisa memberi peluang usaha yang lain seperti bisnis laundry dan sejenisnya. Pendapatan bisa terus meningkat dengan mengembangkan usaha kos-kosan.

Kekurangan Bisnis Rumah Kost


Selain kelebihan, bisnis rumah kost juga memiliki kekurangan yang tidak boleh disepelekan. Jika tidak tepat bisa menyebabkan lerugian.

  • Risiko Menunggak Uang Sewa

Penyewa menunggak sudah menjadi problem klasik yang lumrah terjadi. Bahkan hampir semua bisnis penyewaan properti pernah merasakan ini. Jika menajemen pengelolaan rumah kost kurang baik bisa menyebabkan kerugian pada pemiliknya, contoh pebayaran biaya listrik, air dan lain-lain yang wajib dibayarkan.

  • Sulitnya Pengawasan

Pemilik rumah sering kali kesulitan mengawasi satu per satu penyewa kostnya. Terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak kriminal dan terorisme terkadang luput dari pengawasan yang berakibat mencoreng nama baik pemilik.
Solusi tepat adalah mengetahui identitas dan motivasi calon penyewa sebelum menerimanya. 

Selain itu membuat aturan dan batasan yang jelas mengenai hal-hal yang boleh dan dilarang dilakukan oleh penyewa, termasuk batasan jam malam dan membawa tamu lawan jenis.

Solusi Permasalahan Usaha Kos

Pertama

Pemilik rumah harus menyiapkan manajemen yang menyusun peraturan dan melayani kebutuhan penyewa, mulai dari mencuci pakaian, menyeterika, memasak hingga mengatur waktu kunjungan. Semua ini membutuhkan perhatian lebih dari pemilik. Terkadang pemilik kos-kosan juga harus merekrut orang-orang yang secara khusus bertanggung jawab untuk melayani dan mengawasi penyewa.

Kedua

pembayaran terkadang mandek. Hal ini sering terjadi karena umumnya penyewa kos adalah pelejar yang tidak memiliki penghasilan sendiri atau karyawan toko yang memiliki gaji tidak terlalu besar.

Solusi yang tepat

  • Membayar menggunakan cicilan
  • Membayar dimuka minimal dua bulan
  • Sepuluh hari sebelum jatuh tempo diingatkan

Ketiga

Rumah kos tidak lagi diminati jika kampus atau pusat perbelanjaan yang berada di dekat lokasi pindah atau ditutup. Namun, ini jarang terjadi sehingga merupakan pilihan yang aman untuk berinvestasi di usaha kos-kosan.

Refrensi


Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter